Friday, May 8, 2015

Standar Costing

Apa yang dimaksud dengan Standar Costing...?

Standar costing  adalah teknik akuntansi yang digunakan oleh beberapa perusahaan yang memproduksi barang yang akan dijual untuk mengidentifikasi selisih atau perbedaan antara :
  1. Biaya aktual harga bahan baku barang yang akan diproduksi
  2. Harga jual  yang harus ditetapkan setelah  barang  di produksi
Standar cost biasanya akan tergantung dengan Budget dari si pembuat produk tersebut misalnya budget produksi dan perencanaan target keuntungan serta memperhatikan juga biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya operasional perusahaan dengan Standar Costing.

Penghitungan untuk menentukan  antara biaya persediaan dan Harga Pokok Produksi Penjualan adalah dengan data yang lengkap dan benar, yang akan  digunakan dalam proses produksi guna mendapatkan harga jual produksi yang benar.

Jika sebuah perusahaan menerapkan Standar Costing yang lebih tinggi untuk biaya bahan baku, biaya tenaga kerja  dan biaya operasional maka pihak perusahaan akan mengalami kesukaran dalam memenuhi laba bersih  yang sudah ditargetkan sebelumnya,

Setelah mengetahui selisih harga antara harga pokok produksi  dengan harga jual  produk maka pihak perusahaan akan   mencari solusi harga barang yang lebih murah untuk di produksi atau akan menaikan harga jual barang setelah diproduksi.

Misalnya : 
Harga penjualan daging Sirloin  Rp. 150.000 / Porsi
Biaya bahan baku yang digunakan ( Daging sirloin, Bumbu, Biaya operasional,  dsb ) adalah  Rp. 55.000,
Dengan Standar Cost : 30% 
Maka harga yang harus dijual adalah : Rp.55.000 X 100  :  30  = Rp. 183.334
Dengan Melihat harga jual saat ini maka harganya kurang dari Standar Costing, untuk itu solusi yang harus dilakukan adalah :

  1. Menaikan harga jual  atau
  2. Mengurangi bahan baku produksi  ( Daging Sirloin, Seasoning atau Ingredient nya )
Setelah membaca penjelasan ini diharapkan rekan - rekan mampu menentukan harga jual untuk masing- masing produk yang akan dijual,  semoga bermanfaat....





 





Judul: Standar Costing
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel Standar Costing. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://belajarcostcontrol.blogspot.com/2015/05/standar-costing.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment