Monday, November 12, 2012

FOOD INVENTORY

      Seperti kita ketahui bahwa begitu banyak barang-barang yang harus di inventory terutama di perusahaan jasa seperti  Hotel, Restaurant, kafe dsb, dalam hal ini yang kita akan bahas adalah perusahaan jasa perhotelan yang kita tahu bahwa hotel memiliki item yang banyak sekali jumlahnya, maka untuk memudahkan dalam penghitungan barang atau Inventory harus di lakukan pengklasifikasian barang berdasarkan jenis dan bentuk barang tsb, untuk itu kita klasifikasikan barang ke dalam tiga kelompok yaitu :
  1. Food item ( makanan )
  2. Beverage item ( minuman )
  3. Material item ( barang-barang  material ) 
     1. Food item adalah semua jenis barang yang dapat di cosume atau di makan oleh tamu hotel,  biasanya barang-barang food ini di request oleh bagian F&B khusunya food product atau kitchen, sehingga mereka mempunyai tempat atau store tersendiri ( sub Main Store ) yang berfungsi untuk menyimpan barang - barang yang di request dari Food store ( Main store ) dengan demikian  pada saat  Food Inventory di lakukan  Cost Control  harus menghitung juga stock barang yang ada di kitchen store.

Food item store terbagi dua bagian, Food item direct dan non direct, yang termasuk direct yaitu food item yang Cost nya di bebankan langsung ke outlet bersangkutan ( kitchen ) seperti Cheese, egg, butter, milk dll,  kenapa di bebankan langsung.?  karena food item seperti diatas tadi susah untuk di prediksi  pemakiannya,   selanjutnya yang non direct yaitu food item yang di simpan di main store/ Food store yang di awasi langsung oleh bagian Store / warehouse
     
Food Inventory dilakuakn setiap bulan oleh Cost control,Storekeeper,serta pihak ke tiga yaitu user dari departement yang bersangkutan  ( F&B Manager, Chef ) seperti biasa semua barang yang belum terpakai dihitung sisanya yang nantinya akan di jadikan Ending store dalam Food rekonsiliasi.
    
Hasil dari Food inventory di gunakan untuk menhitung Cost of food, biasanya setiap Hotel atau company lainnya menentukan budget inventory, untuk hotel berbintang tiga ( Three Star ) di patok budget antara 30%- 31%, untuk bintang empat ( Four Star ) di patok rata-rata 34%-35% dan untuk hotel bintang lima atau bintang lima diamond costnya berkisar 40%, tetapi semua tergantung kebijakan hotel masing-masing.














Judul:

FOOD INVENTORY


Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel

FOOD INVENTORY

. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://belajarcostcontrol.blogspot.com/2012/11/food-inventory.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

2 comments: