Friday, December 13, 2019

Cara Menyusun Budget Hotel



PERSIAPAN MEMBUAT BUDGET OPERASIONAL




Budget operasi merupakan perencanaan keuntungan perusahaan yang mencakup semua sumber pendapatan dari item-item beban dan biaya yang muncul pada laporan laba rugi dan laporan pendukung lainnya. 

Budget tahunan merupakan perencanaan selama dua belas bulan. Perencanaan bulanan ini membentuk dasar yang dipakai oleh manajemen untuk mengevaluasi hasil aktual dari operasinya. Oleh karena itu, budget operasi akan mempermudah manajemen untuk melakukan fungsi perencanaan dan pengendalian.

Untuk memastikan bahwa waktu yang diperlukan untuk penyiapan budget operasi ada dan mendapat persetujuan pada waktunya, sebuah jadwal harus dibuat dan diikuti. Perusahaan yang tahun fiskalnya sama dengan tahun kalender dapat mempertimbangkan jadwal sebagai berikut:

PROSES PERENCANAAN BUDGET

 Semua aktivitas yang dilakukan dalam perencanaan budget adalah:

A.Review Budget Operasinal Tahun Lalu
Review operasional tahun berjalan harus menunjukkan hal-hal penting yang mencakup perubahan harga, tambahan fasilitas atau pengurangan fasilitas yang ada, perubahan dalam tenaga kerja yang cukup besar, perbaikan untuk langkah efisiensi selama tahun tersebut, dan hal-hal sejenis lainnya.

B. Menganalisa kondisi bisnis secara umum
Analisa kondisi ekonomi dan politik nasional dan lokal pada saat berjalan menunjukkan item-item yang dapat mempengaruhi operasinal pada tahun berikutnya. 

Analisa kondisi politik dapat berupa agenda politik dari legislatif baru dan atau perubahan legislatif yang telah direncanakan, misalnya tingkat gaji dan kebijakan perpajakan. 

Rencana aktivitas juga dibuat baik untuk memanfaatkan kondisi ekonomi dan politik yang bagus atau mengatasi kondisi ekonomi yang kurang baik.

C.Menganalisa situasi kompetitif saat ini
Analisa situasi kompetitif saat ini menunjukkan item-item yang sangat mempengaruhi operasional  tahun mendatang, dampak potensial dari item-item semacam itu pada operasional perusahaan ditahun mendatang diproyeksikan dan direfleksikan di budget yang sedang disiapkan.

D.Menganalisa harga-harga
Analisa struktur harga untuk semua produk dan service yang ditawarkan oleh perusahaan dan memeriksa kembali harga-harga produk dan service yang akan menarik volume bisnis dan akan berguna untuk memaksimalkan penggunaan fasilitas hotel secara optimal.

E.Proyeksi tingkat hunian dan penjualan kotor
Proyeksi tingkat hunian biasanya dibuat berdasarkan data historis, reservasi, dan informasi statistik di group bisnis. 

Proyeksi penjualan kotor dibuat untuk banquet dan bisnis reguler dari fasilitas makanan dan minuman ( F&B ), proyeksi banquet dibuat berdasarkan catatan total meeting sedangkan proyeksi untuk penjualan makanan dan minuman didasarkan pada catatan penjualan tahun lalu dan untuk departemen yang menghasilkan pendapatan lainnya didasarkan pada proyeksi tingkat hunian dari informasi yang berhubungan dengan lainnya.

Selanjutnya Tentang Cara Penyusunan Budget Departement akan dibahas pada kesempatan berikutnya, Next....



Judul: Cara Menyusun Budget Hotel
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel Cara Menyusun Budget Hotel . Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL https://belajarcostcontrol.blogspot.com/2019/12/cara-menyusun-budget-hotel.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment