Sunday, May 3, 2015

Perbedaan Antara Cost dan Expense

Cara Membedakan antara Cost dan Expense

Pengertian istilah Cost ( Biaya ) dan Expense ( Beban ) hampir sering dipakai  dan keduanya hampir mirip dan kadang sering terjadi kesalahan dalam penggunaan istilah tersebut  tetapi di dalam ilmu akuntansi biasa di jelaskan sebagai berikut : 

Cost / Biaya adalah total harga yang dikeluarkan untuk memperoleh nilai pemasukan dari sejumlah harga yang di keluarkan tadi.

Contoh : Untuk acara makan malam ( Dinner ) sejumlah 50 Pack,  outlet kitchen menyiapkan bahan makanan seperti Sop Buntut sebesar  10 Kg  dengan harga / kg = Rp. 150.000, jadi biaya yang dikeluarkan  adalah Rp.1.500.000,  dengan asumsi akan mendapatkan pemasukan / revenue dari penjualan tersebut sekitar   Rp. 5.000.000, jadi total costnya : 30%

Expense / Beban adalah total harga yang dikeluarkan tanpa memperoleh nilai pemasukan secara langsung  dari total harga yang di keluarkan

Contoh : Pembelian alat tulis kantor seharga Rp. 500.000, di gunakan untuk mencukupi kebutuhan peralatan back office.  maka secara tidak langsung tidak memberikan  revenue atau pendapatan bagi perusahaan, maka harga yang dikeluarkan sipatnya di bebankan atau di expense ke outlet yang bersangkutan.

Jenis - Jenis  Biaya  ( Cost )

Biaya Langsung : biaya yang berhubungan langsung dengan produk yang di jual

Biaya Tidak Langsung : Biaya yang tidak berhubungan langsung dengan produk yang di jual

Biaya Tetap : Biaya yang tidak berubah dalam kaitannya dengan kegiatan usaha

Biaya Variabel : Biaya yang berubah secara proporsional dalam kaitannya dengan perubahan kegiatan usaha yang di jalankan.
  
Demikian Perbedaan Antara Cost dan Expense,  Semoga bermanfaat untuk Anda semua....
Judul: Perbedaan Antara Cost dan Expense
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel Perbedaan Antara Cost dan Expense. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL https://belajarcostcontrol.blogspot.com/2015/05/perbedaan-antara-cost-dan-expense.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment