Manajemen Pembelian Dalam Perusahaan Anda
Manajemen pembelian adalah cara mengelola proses pembelian semua barang kebutuhan untuk perusahaan dengan melibatkan beberapa sumber seperti orang, proses dan sistem dengan tujuan membeli semua barang dan jasa untuk selanjutnya di proses dan di jual kembali guna mendapatkan keuntungan.
Salah satu dasar Manajemen pembelian adalah bahwa barang - barang yang akan dibeli di peroleh dengan harga terbaik untuk menghemat biaya dan mendapatkan keuntungan terbaik bagi perusahaan.
Metode yang digunakan untuk memastikan manajemen pembelian yang baik adalah menggunakan Prosedur Permintaan pembelian ( Purchase Requesition ) dan selanjunya di buat kedalam Pesanan pembelian ( Purchase Order )
Permintaan pembelian ( PR ) dibuat oleh orang atau bagian di luar Departemen pembelian pada saat mereka membutuhkan produk tersebut baik untuk persediaan ouletnya atau untuk meningkatkan pelayanan atau penjualan kepada para pelanggan.
Pesanan Pembelian ( PO ) di buat oleh bagian pembelian digunakan untuk memesan semua barang - barang kebutuhan yang sudah di buat dalam formulir permintaan pembeliaan secara langsung dengan supplier yang sudah disepakati .
Di dalam perusahaan besar untuk proses pembelian biasanya menggunakan Sistem Pengadaan Pembelian secara komputerisasi untuk menunjang dan memfasilitasi Manajemen Pembelian. sedangkan bagi perusahaan kecil biasanya menggunakan sistem manual atau sistem yang sederhana.
Dasar - dasar Pembelian
Dasar pembelian merupakan hal yang penting dari sebuah usaha, karena perusahaan besar atau kecil memilki dasar pemblian yang meliputi sbb :
- Menyiapkan strategi pembelian
- Mengumpulkan informasi yang cukup tentang supplier dan produk yang akan di gunakan
- Mengevaluasi tender dan memilih supplier
- Menegosiasikan syarat dan ketentuan dengan para supplier yang akan di ajak kerja sama
- Menjalankan dan mengelola kesepakatan yang sudah di putuskan bersama
Dengan memahami konsep dari dasar - dasar pembelian ini akan memastikan bahwa bagian pembelian akan memilih supplier dan dengan harga terbaik untuk perusahaannya.
Manajemen Pembelian yang baik merupakan cara dan konsep terbaik dalam menjalankan kerjasama antara pihak perusahaan dengan para supplier umtuk mendapatkan penawaran harga terbaik, cara pengiriman barang yang baik dari segi kualitas dan kuantitas dan sistem pembayaran terbaik supaya saling menguntungkan.
Anda ingin mendapatkan Panduan Belajar Cost control dari saya dan mendapatkan ebook Daily Flash Cost Report, silahkan ....
No comments:
Post a Comment