Saturday, January 17, 2015

Cara Mengontrol Cost dari Tindakan Cheating ( Kecurangan )

Mengidentifikasi Perbuatan Cheating

Saving cost
Saving Cost

Sering kali kita menemukan tindakan atau perbuatan cheating atau kecurangan yang dilakukan oleh oknum karyawan  yang sangat  merugikan bagi perusahaan, untuk itu dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan tindakan - tindakan curang tersebut tetapi  bukan untuk ditiru atau dicontoh, ini hanya untuk sharing dan berbagi untuk rekan - rekan cost control khususnya dan para pengendali keuangan pada umumnya

Tindakan curang tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja pada semua bagian disuatu perusahaan, untuk mencegah hal tersebut harus dilakukan pencegahan selain dengan cara pengawasan dari departemen yang bersangkutan. bisa juga  dengan cara mengidentifikasi yang dilakukan oleh seorang cost control, karena perbuatan ini secara tidak akan menyebakan posisi income perusahaan berkurang dan posisi cost akan tinggi, caranya yaitu dengan melakukan Rekonsiliasi  pada objek yang akan di identifikasi.

Cara yang biasa dilakukan sangat sederhana seperti dibawah ini :

BEGINNING STOCK + PURCHASE = AVAILABLE STOCK - CONSUME = ENDING STOCK 

BEGINNING  STOCK = Jumlah stock awal barang yang tersedia di store / di outlet store

PURCHASE =  Total pembelian barang

AVAILABLE STOCK  =  Total persediaan stock hasil dari stock awal + stock pembelian

CONSUME = Total pemakaian barang

ENDING STOCK = Sisa stock barang yang tersedia setelah dikurangi total pemakaian

Yang harus diperhatikan adalah Consume dan Ending Stock karena apabila total consume tinggi secara otomatis total ending akan berkurang dan efeknya penjualan pun akan meningkat yang akhirnya Income atau pendapatan akan meningkat.

Biasanya terjadi kejanggalan adalah apabila consume ( pemakain barang ) tinggi tetapi pendapatan perusahaan dari penjualan barang tidak bertambah tentunya disini telah terjadi  masalah dengan stock barang, dan masalah- masalah seperti inilah yang harus di cek atau dilakukan identifikasi oleh seorang cost control dengan tujuan mencari penyebab kenapa banyak stock barang yang hilang karena hal ini secara tidak langsung akan menyebabkan cost tinggi.

Inventory cost control

Selain cara identifikasi, seorang cost control juga bisa melakukan Inventory atau Internal audit terhadap faktor - faktor yang menyebabkan cost tinggi tersebut, inventory yang dilakukan bisa dilakukan dengan dibuatkan dengan Daily Report atau Daily Flash Cost Report dimana tujuannya untuk menentukan  stock dan  mengetahui total consume setiap hari.

Cara lainnya adalah dengan melakukan stock taking mingguan atau bulanan terhadap semua store  atau outlet stora tempat penyimpanan barang serta mengecek langsung struk penjualan ( Guest bill ) atau Captain order.

STOCK  VS  CONSUMPTION

CONSUMPTION  VS  SALE

Mudah - mudahan cara - cara diatas dapat digunakan dan bermanfaat untuk menekan tingkat kecurangan yang dilakukan oleh oknum karyawan, sekali lagi perbuatan cheating selain merugikan perusahaan juga akan  merugikan karyawan itu sendiri karena berpengaruh terhadap income  perusahaan. 

Kejujuran Anda adalah modal utama untuk meraih KESUKSESAN...!

 

Judul: Cara Mengontrol Cost dari Tindakan Cheating ( Kecurangan )
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel Cara Mengontrol Cost dari Tindakan Cheating ( Kecurangan ). Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL https://belajarcostcontrol.blogspot.com/2015/01/cara-mengontrol-cost-dari-tindakan.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment