Friday, September 25, 2015

Hotel dan Restaurant Pre Opening






Cost control Hotel  & Restaurant Pre Opening

Pada kesempatan ini saya update content di blog dengan judul " Cost control Hotel & Restaurant Pre Opening " karena berkaitan dengan pengalaman dan kegiatan saya akhir- akhir ini,  pada kesempatan sebelumnya saya sudah menulis di blog ini dengan judul " Cost control Hotel Pre Opening " dan responnya dari pengunjung blog cukup bagus sehingga dua minggu lalu saya di hubungi oleh Management salah satu hotel berbintang di Jakarta yang dalam tahap Pre Opening, untuk mengurusi  tentang proses Receiving, Store, Purchase dan Cost control, dan hasil akhirnya cukup memuaskan meskipun banyak kendala  karena ini pengalaman pertama saya, tapi hasilnya bisa memberikan kontribusi yang terbaik untuk hotel tersebut dalam proses Pre opening menuju Soft opening.

Adapun tugas dan kegiatan yang saya lakukan akan saya share ringkasannya  kepada Anda semua pengunjung blog Belajar cost control, tentang  tugas - tugas yang saya lakukan terbagi kedalam beberapa tahap yaitu :
  1. Menetapkan Job Description masing - masing  ( Receiving, Store, Purchasing, Cost controller )
  2. Menetukan Sistem administrasi sementara yang digunakan selama proses pre opening
  3. Melakukan Proses transfer data  dari sistem sementara ke sistem permanen ( general siitem ) yang selanjunya akan digunakan oleh pihak hotel secara permanen
  4. Mereview hasil akhir dari proses kerja selama pre opening masing - masing bagian.           
Dari semua tahapan diatas saya akan coba jelaskan  secara sederhana prosesnya yang meliputi  :
  • Memastikan sistem receiving, store dan cost control berjalan baik termasuk peralatan  dan perlengkapan kerja yang di gunakan beserta Sumber Daya Manusia nya meliputi Job description masing - masing yang perlu di mengerti. 
  • Mencari dan menentukan supplier hotel yang mau dan bersedia menyuplai barang - barangnya untuk di kirim ke hotel sebagai proses stock dan prepare menuju proses soft opening
  • Seting sistem dasar untuk proses adminitrasi sebagai file dan penghitungan data sementara sebelum di transfer ke sistem permanen yang akan di gunakan oleh perusahaan jasa perhotelan dan restaurant pada umumnya   seperti : VHP, Realta atau Rhapsaody dsb,
  • Inventory semua barang berdasarkan Sistem inventory sederhana yang meliputi data receiving, data store dan Cost control
  • Selanjutnya kelompokan barang - barang berdasarkan kepada barang - barang stock inventory dan barang - barang expend yang akan menjadi aset perusahaan.
  • Menentukan budget cost untuk produk Food & Beverage, termasuk budget cost pembuatan Recipe yang akan di upload kedalam sistem permanen yang sudah ditentukan.
  • Review dan cek kembali semuanya proses pekerjaan yang sudah dilakukan agar  berjalan seseuai dengan rencana  dan pada saat soft opening semuanya berjalan lancar. 
Demikianlah proses dari pengalaman singkat saya dalam menangani  proses perusahaan jasa Hotel dan Restaurant Pre Opening,  semoga dapat memberikan tambahan ilmu dan pengalaman Anda semua, khususnya bagi Anda yang baru bergabung dalam perusahaan yang baru berdiri yang tentunya akan mengalami proses ini, atau bagi Anda para pengusaha yang berniat membuka hotel dan Restaurant kelas menengah kebawah mudah - mudahan dapat menjadikan referensi.... Terimakasih....
Judul: Hotel dan Restaurant Pre Opening
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel Hotel dan Restaurant Pre Opening. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL https://belajarcostcontrol.blogspot.com/2015/09/hotel-dan-restaurant-pre-opening.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment