Saturday, November 4, 2017

Belajar System Hotel Realta Purchasing | Receiving | Store Keeper | Cost Control



Cara Mempelajari System Hotel Realta ( Rhapsody ) Untuk Bagian Accounting, khususnya di bagian logistik yang meliputi : Purchasing, Receiving,Storekeeper dan Cost Controller,  terlebih dahulu akan dijelaskan cara membuat pesanan barang atau order permintaan barang yang dibuat oleh bagian Storekeeper, setelah Purchase Requestion selesai dibuat  selanjutnya diberikan ke Cost Control untuk di cek dan di sign, selanjutnya setelah di verifikasi oleh Cost Control lalu diserahkan ke bagian Purchasing untuk dibuatkan Purchase Order, 

Untuk lebih jelas cara proses pembuatan PR dan PO  dengan menggunakan System Hotel Realta / Rhapsody maka akan di jelaskan melalui tayangan video slide dibawah ini :

1, Cara Membuat Purchase Request dan Purchase Order 





2. Cara Membuat Market List Order dengan System Realta / Rhapsody:



Selain membuat pesanan permintaan barang ( PR ) yang dibuat oleh bagian Storekeeper, order barang juga bisa dilakukan oleh outlet department khususnya bagian kitchen untuk memenuhi kebutuhan barang yang bersipat Direct Purchase ( pembelian barang langsung ) yang disebut dengan Daily Marekt List ( DML )

Sama halnya dengan proses pembuatan PR, maka setelah DML sudah jadi dan di Sign oleh kepala department ( Chef ) maka daftar DML ini diserahkan kebagian Purchasing untuk segera di order, adapun proses pembuatan Daily Market List adalah seperti tayangan video dibawah ini :



3. Cara Membuar Daily Receiving Report ( DRR ) :

Proses selanjutnya setelah barang - barang diorder oleh bagian purchasing maka pada saat barang datang selanjutnya  diterima oleh bagian Receiving,  step - step pada saat penerimaan barang seorang Receiving harus berdasarkan  kepada daftar Purchase Order ( PO ) dan Market List yang sudah dibuat oleh Purchasing sehingga pada saat penerimaan barang tidak terjadi kesalahan penerimaan barang.

Setelah barang - barang diterima dengan baik maka staf receiving harus membuat Daily Receiving Report ( DRR )  yang berfungsi untuk mencatat dan melaporkan total penerimaan  barang  secara harian kepada Cost Control 


    


4. Cara Posting Store Requestion ( SR ) :

Setelah barang - barang diterima oleh receiving maka barang untuk stotr ( store item ) di serahkan ke bagian Storekeeper, untuk diproses dan disimpan di store,  tugas selanjutnya seorang storekeeper harus membuat laporan barang masuk  dan barang keluar baik dengan system atau dengan manual seperti menggunakan Stock Card.

Apabila ada permintaan barang dari outlet maka storekeeper harus segera melakukan outgoing atau store requestion invnetory di system supaya barang masuk dan barang yang keluar harus balance, proses posting barang keluar ini harus dilakukan setipa hari supaya stock barang update antara fisik dan system.





5. Cara Melakukan Return To vendor ( RTV ) :

Proses validasi Dokumen  Daily Receiving Report ( DRR ) dilakukan oleh Cost Control secara cermat dan detail meliputi : Invoice / surat jalan, PR, PO, Market List yang lengkap dan sudah disetujui dan ditanda tangani lengkap oleh pejabat yang berwenang,

DRR yang sudah benar dan lengkap, bisa do close oleh Cost Controller dan apabila terjadi kesalahan baik dari segi quantity, quality dan suporting dokumen maka Cost control harus melakukan close ulang dang cara melakukan proses Return To Vendor ( RTV ) sehingga dokumen yang di close adalah dokumen atau DRR yang sudah pasti benar.


   



6. Cara Melakukan Internal Transfer Department :

Proses yang biasa terjadi dilingkungan department atau bagian hotel yaitu proses transfer barang anatar atau dari satu outlet ke outlet lain dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan operasional hotel, proses ini disebut dengan Internal Transfer Department, 

Cost Control harus memastikan bahwa proses ini berjalan dengan benar dan bukti dokumennya harus lengkap untuk memastikan pengalokasian costnya secara tepat 








7. Cara Menjalankan Stock Take Inventory :

Setelah seluruh proses diatas semua berjalan dengan benar maka proses yang dilakukan oleh para cost control pada setiap akhir bulan adalah proses Stoke taking ( Inventory )

Untuk itu proses inventory ini akan dijelaskan dengan mengunakan System Hotel Realta / Rhapsody
bagaimana proses dan caranya..? bisa di cek pada tayangan video berikut ini : 





Demikianlah tayangan video slide untuk pembelajaran System Hotel Realta / Rhapsody untuk bagian Accounting khususnya bagian Logistik, semoga tayangan video ini dapat bermanfaat dan membantu proses pekerjaan Anda semuanya khususnya untuk bagian Purchasing, Receiving, Storekeeper dan Cost Controller,  thanks.. jangan lupa subribe ya...

Judul: Belajar System Hotel Realta Purchasing | Receiving | Store Keeper | Cost Control
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel Belajar System Hotel Realta Purchasing | Receiving | Store Keeper | Cost Control. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL https://belajarcostcontrol.blogspot.com/2017/11/belajar-system-hotel-realta.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment