Saturday, November 21, 2015

Receiving Pre Opening Hotel

Hotel Receiving Clerk Job







Setelah sebelumnya di bahas tentang " Store Pre Opening Hotel & Restaurantmaka selanjutnya yang akan di bahas dalam kesempatan ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang Receiving di dalam perusahaan Hotel, khususnya pada saat pembukaan hotel baru atau Pre Opening Hotel,

Receiving merupakan pintu masuknya barang - barang yang di order untuk kebutuhan perusahaan, maka dari itu receiving merupakan bagian penting dalam proses penerimaan semua barang masuk untuk hal itu yang harus diperhatikan adalah quantity, kualitas serta nominal harga barang yang harus sesuai dengan Purchase Order atau Market List.

Standar Operasional dari seorang Receiving adalah menerima dan mengecek barang sesuai prosedur dan selanjutnya barang yang diterima diserahkan kepada Store keeper atau outlet / departemen dari yang memesan barang tersebut.

Tips dari saya kepada bagian receiving dalam hal menerima barang supaya sesuai dengan pesanan khususnya barang yang di order langsung oleh departemen yang bersangkutan caranya adalah :

  • Sertakan user atau orang dari departemen yang mengorder barang untuk  mengecek barangnya secara langsung
  • Minta tanda tangan dari user tsb sebagai bukti bahwa barang yang di order sudah sesuai dengan standar yang di pesan
  • Pastikan semua barang yang di terima harus ada Purchase Order atau Market List terlebih dahulu

Job Description Receiving

  • Menerima barang sesuai dengan Purchase Order atau Market List
  • Mengecek kualitas dan Quantity barang yang diterima 
  • Cek kadaluwarsa atau expire date barang yang diterima
  • Membuat laporan Daily Receiving Report ( DRR ) untuk diserahkan kepada Cost control
  • Menyerahkan barang yang diterima kepada bagian Store keeper
  • Menjaga kebersihan  area receiving 
Cara memposting atau membuat Daily Receiving Report biasanya sudah tersedia di sistem apabila hotel yang bersangkutan sudah berjalan atau Running, tapi lain halnya bagi Hotel yang baru Pre Opening biasanya belum ada sistem pengolahan data barang yang permanen  sehingga data pembelian di buat dalam format / sistem excel  yang selanjutnya bisa di export ke sistem yang sudah permanen.

Fungsi dari Sistem Inventory dalam format Excel ini adalah sebagai tempat penyimpanan data barang - barang yang sudah di terima  yang bersipat sementara sebelum pihak perusahaan menggunakan sistem yang permanen.

Demikian sekilas info tentang tugas dan tanggung jawab seorang Receiving di sebuah perusahaan jasa perhotelan atau restaurant khususnya yang baru Pre Opening  mudah - mudahan bermanfaat bagi Anda  semua.
Judul: Receiving Pre Opening Hotel
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel Receiving Pre Opening Hotel. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL https://belajarcostcontrol.blogspot.com/2015/11/receiving-pre-opening-hotel.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment