Saturday, December 19, 2015

Cost Control Hotel Pre Opening


Cost Control Job Description

Setelah sebelumnya saya membahas tentang ( Receiving,Storekeeper,Purchasing Hotel Pre Opening ) sekarang tiba waktunya untuk membahas tentang bagian utama dari pembahasan ini yaitu : Cost Control Hotel Pre Opening, dimana semua yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah bagian   dari tugas atau job description dari cost control. 

Cost Control Hotel Pre Opening


Berikut adalah ulasan dari Cost control Job description :
  • Memimpin dan mengawasi tugas dan tanggung jawab dari Receiving dan Storekeeper ( Supervise Receiving & Storekeeper  )
  • Mengontrol, Menghitung dan Menekan semua biaya operasional dari perusahaan  
  • Membuat Laporan Cost control  ( Daily Flash Cost Report )
  • Bekerja sama dengan bagian purchasing dalam mengontrol harga dari supplier
  • Mampu bekerja sama dengan departement lain dalam rangka fungsi control manajemen
  • Menjalankan Stock take atau inventory setiap akhir bulan
  • Membuat laporan cost control / Cost control journal report untuk keperluan Financial controller 

Cost Control Management 

Cost control manajemen atau cara mengatur dan mengontrol biaya merupakan cara bagaimana supaya semua biaya di kontrol dengan benar sesuai dengan standar operasional yang sudah ditetapkan agar tidak terjadi over cost budget, maka untuk itu diperlukan cara - cara sbb :
  • Hitung dan control semua biaya pemakaian operasional perusahaan
  • Cek Pemakaian / Consumption dari setiap departemen    
  • Kalkulasikan setiap biaya yang digunakan dengan pendapatan / revenue yang diterima
  • Buat laporan daily flash cost ( laporan Cost harian ) guna mengetahui  pemakaian total biaya lebih cepat
  • Bekerja sama dengan  departemen terkait dalam hal menekan biaya pemakaian
  • Tetapkan cost allocation sesuai dengan Standar Chart Of Account ( COA ) yang sudah di tetapakan 
  • Tetapkan Cost of Good Sold ( COGS ) dari setiap produk yang akan dijual
  • Menjalankan Inventory sebagai fungsi control dari  perusahaan 
  • Buat journal laporan cost control setiap bulan  untuk mengetahui Profit and Lost ( P&L )

Inventory Cost Control

Kegiatan penghitungan stock atau Inventory bisa dijalankan oleh seorang cost control secara periodik, bisa berupa harian, mingguan atau bulanan,  alangkah baiknya bisa dilakukan secara terjadwal  sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari perusahaan. karena proses pengecekan yang dilakukan oleh cost control di general store atau outlet store merupakan fungsi dari Inventroy control.

Proses Inventory cost control  ini berfungsi untuk  :
  1. Mengetahui Stock barang yang tersedia 
  2. Mengetahui Total pemakaian barang
  3. Mengetahui barang - barang yang rusak atau hilang
  4. Mengetahui barang yang tidak terpakai atau slow moving
  5. Mengontrol dan menekan biaya 
Inventory cost control bisa dijalankan dengan melalui sistem yang sudah disediakan oleh perusahaan atau juga melalui sistem manual sesuai dengan kondisi perusahaan masing - masing. 


Judul: Cost Control Hotel Pre Opening
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Jaey Blogspot
Anda sedang membaca artikel Cost Control Hotel Pre Opening. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL https://belajarcostcontrol.blogspot.com/2015/12/cost-control-hotel-pre-opening.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.

No comments:

Post a Comment